May
3
2013

Pengertian Ubuntu

pengertian ubuntu

Ubuntu adalah distribusi/ distro turunan sistem operasi Linux. Distro Ubuntu menjadi salah satu distro yang paling populer di dunia. Performanya yang cepat, tampilan yang cantik, serta tidak sifatnya yang gratis menjadi daya tarik tersendiri mengapa banyak orang yang memilih Ubuntu.

Pengertian "Ubuntu"

Kata "Ubuntu" berasal dari bahasa Afrika kuno. Pengertian Ubuntu bisa berarti "Memiliki rasa kemanusiaan kepada orang lain". Ubuntu juga berarti "Saya adalah saya yang sekarang, karena alasan siapa kita semua". Sistem operasi Ubuntu dibuat untuk menanamkan makna kata ubuntu ini ke dunia perkomputeran.

Pengembang

Pengembangan Ubuntu dipegang oleh Canonical. Canonical bertanggung jawab untuk merilis seri baru Ubuntu setiap 6 bulan, mengatur sistem keamanan Ubuntu, troubleshooting, dan memberikan sarana-prasarana untuk komunitas online Ubuntu.

Rilis

Versi baru dari Ubuntu dirilis setiap 6 bulan. Setiap versi memiliki codename yang berbeda-beda. Versi pertama dirilis pada 20 Oktober 2004, dengan codename Warty Wartog. Setiap 2 tahun sekali, Canonical merilis LTS (Long Time Support) version dari Ubuntu. Ubuntu LTS memiliki dukungan dan layanan update yang lebih lama daripada non-LTS. Versi x.04, dengan x adalah bilangan genap biasanya merupakan versi LTS.

Varian

  • Ubuntu memiliki beberapa varian, dengan spesialisasi tersendiri untuk setiap variannya. Beberapa varian Ubuntu antara lain :
  • Ubuntu (Unity)
  • Kubuntu (KDE)
  • Xubuntu (XFCE)
  • Lubuntu (LXDE)
  • Edubuntu (Ubuntu untuk pendidikan)
  • Ubuntu GNOME (GNOME)
  • Ubuntu Server

Unity, KDE, XFCE, LXDE, dan juga GNOME merupakan desktop environment yang digunakan oleh masing-masing varian dan membedakan antara satu varian dengan yang lainnya.

Repository

Proses update Ubuntu adalah proses mendownload file-file update dari server Ubuntu. Proses update ini bisa dilakukan dari server/ repository lokal Ubuntu, atau menggunakan repository lokal yang disediakan oleh institusi tertentu. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti ITB, UI, dan juga UGM  menyediakan repository lokal untuk mengupdate Ubuntu.

Mengupdate Ubuntu menggunakan repository lokal tentu saja lebih cepat, dan kualitas updatenya juga masih sama dengan server utama Ubuntu. Ikuti link berikut ini untuk melihat daftar repositori Ubuntu di Indonesia.

Tentang Penulis: